TINJAUAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN LAMA DI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PUSAT PERTAMINA JAKARTA

  • Garis Gemilang APIKES Bhumi Husada Jakarta
  • Ambarwati
  • Farandy Angesty

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien lama rawat jalan on site RSPP Jakarta pada bulan Mei sampai November 2022 sebanyak 24.872 populasi dan 100 sampel. Berdasarkan 5 dimensi mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan dihasilkan kepuasan Responsiveness (daya tanggap) kategori puas 91%, kategori netral 5%, dan kategori tidak puas 4%. Reliability (kehandalan) kategori puas 90%, kategori netral 7%, dan kategori tidak puas 3%. Assurance (Jaminan) kategori puas 92%, kategori netral 4%, dan kategori tidak puas 4%. Emphaty (Empati) kategori puas 90%, kategori netral 6%, dan kategori tidak puas 4%. Tangibles (tampilan/ bukti fisik) kategori puas 92%, kategori netral 7%, dan kategori tidak puas 1%. Disimpulkan tingkat kepuasan pada dimensi Reability (kehandalan) sebesar 90 % menyatakan puas,3% tidak puas,7% netral. Dimensi Responsiveness (daya tanggap) sebesar 91 % menyatakan puas,tidak puas 4%, 5% netral. Dimensi Assurance (jaminan) sebesar 92 % menyatakan puas,tidak puas 4%, 4% netral. Dimensi Emphaty (empati) sebesar 93 % menyatakan puas, tidak puas 2%, 5% netral. Dimensi Tangibles (tampilan/bukti fisik) sebesar 92 % menyatakan puas,1% tidak puas, 7% netral.

Daftar Pustaka: 18 (1988 - 2021)

Kata kunci : Kepuasan Pasien , Pelayanan Pendaftaran, Rawat Jalan.

Published
2024-01-25
How to Cite
Gemilang, G., Ambarwati, & Angesty, F. (2024). TINJAUAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN LAMA DI PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PUSAT PERTAMINA JAKARTA. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 11(1), 10-16. https://doi.org/10.59300/mjrm.v11i1.108

Most read articles by the same author(s)