ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA

  • Yayah Sya'diah,SST,MKes.
  • Asep Nurjaman AKADEMI PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN BHUMI HUSADA JAKARTA

Abstract

Kepuasan pasien adalah metrik kinerja utama dalam industri layanan kesehatan. Yang menentukan puas atau tidaknya seorang pasien terhadap pelayanan yang diterimanya di suatu fasilitas kesehatan adalah umpan balik yang mereka berikan mengenai kinerja fasilitas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan yang diterimanya di bagian pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Partisipan penelitian berjumlah 96 orang. Skor Ideal (Kriteria) digunakan untuk mengevaluasi kualitas 5 aspek berbeda dari layanan pendaftaran rawat jalan: kepuasan pasien padaTampilan fisik (Tangibles) sebesar 82,2%, Keandalan (reliability) 89,9%, Ketanggapan (responsiveness) 90,5%, Jaminan (assurance) 90,1% dan Empati (empathy) 90,9%. Dari ke lima dimensi mutu bahwa presentase tingkat kepuasan sebagian besar sudah berada diatas standar pelayanan Rumah Sakit. Adapun tingkat ketidakpuasan pasien terbesar terdapat pada banyaknya pasien yang mengeluhkan fasilitas yang ada diruang tunggu pendaftaran sebesar 28,1% dan lamanya waktu tunggu dibagian pendaftaran sebesar 22,9%.

 

Kata kunci: Badan penyelenggaraan jaminan sosial, kepuasan pasien, pendaftaran pasien

 

Published
2024-01-25
How to Cite
Sya’diah,SST,MKes., Y., & Nurjaman, A. (2024). ANALISIS KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 11(1), 29-35. https://doi.org/10.59300/mjrm.v11i1.111