Home » Seputar Apikes BHJ » Berita APIKES BHJ » Seminar NASIONAL APIKES BHJ

 
 

Seminar NASIONAL APIKES BHJ

 

Pimpinan Apikes BHJ

 

Seminar NASIONAL APIKES BHJ

Seminar NASIONAL APIKES BHJ

Kompetensi, Peluang, Tantangan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan di Era Industri 4.0 Kompetensi merujuk pada karakteristik yang mendasari perilaku yang menggambarkan...

 
Segenap Civitas Akademika Akademi Perekam Medis Bhumi Husada Jakarta, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H

Segenap Civitas Akademika Akademi Perekam Medis Bhumi Husada Jakarta, Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H

 
PENGUMUMAN SIPENSIMARU

PENGUMUMAN SIPENSIMARU

Berdasarkan Keputusan Direktur Akademi Perekam Medis Bhumi Husada Jakarta perihal Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021, dengan ini diumumkan bahwa: Nama...

 
DAFTAR MABA 2020/2021

DAFTAR MABA 2020/2021

Pengumuman di [KLIK DISINI]No Nama 1 Achmad Arbain 2 Afifa Nur Rachma 3 Alifia Cahyani Kurnia Sanjaya 4 Andis Ikhfani 5 Asep Nurjaman 6 Ayu...

 

SK DIREKTUR PEMBELAJARAN DARING

SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR NOMOR    : 1   /S.KEP/APIKBH/III/2020 TENTANG : PELAKSANAAN KULIAH DARI RUMAH (DARING) AKADEMI PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI...

 
 

Kompetensi, Peluang, Tantangan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan di Era Industri 4.0

Kompetensi merujuk pada karakteristik yang mendasari perilaku yang menggambarkan motif, sifat, konsep diri, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki karyawan, dan diterapkan ditempat kerja. Standar profesi rekam medis dan informasi kesehatan disusun sebagai pedoman atau acuan bagi tenaga profesi manajemen informasi kesehatan dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam menjalankan tugas profesinya sebagai perekam medis (Rustiyanto, 2009). Kompetensi perekam medis dan informasi kesehatan merupakan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki oleh seorang profesi perekam medis dan informasi kesehatan dalam melakukan tanggung jawab diberbagai tatanan pelayanan kesehatan. Seorang perekam medis harus mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang merupakan kompetensi dari profesinya (Rustiyanto, 2009).

Era Revolusi Industri 4.0 mengubah dunia menjadi perpustakaan digital. Era ini ditandai dengan adanya cyber-physical system (sistem yang menggabungkan dunia maya/internet dan dunia fisik) sehingga konektivitas antara manusia, mesin dan informasi menjadi semakin tidak terbatas. Dunia industri masa kini pun telah berkolaborasi dengan sistem tersebut dan melahirkan banyak lapangan pekerjaan baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini perlu disadari bahwa era revolusi industri 4.0 bukan merobotkan manusia. Namun harapannya adalah dengan pendekatan teknologi dapat memudahkan semua kegiatan hidup manusia guna mencapai kesejahteraan manusia adalah menjadikan sumber daya manusia yang unggul. Dengan kata lain bahwa posisi teknologi hanya instrumen bagi manusia. Dengan demikian kita harus memahami betul bagaimana era revolusi industri 4.0 ini dan kompetensi seperti apa yang harus dimiliki dalam membangun sebuah bangsa yang siap dengan berbagai perubahan namun juga karakter sebuah bangsa tidak akan hilang karena perubahan.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka kami sebagai akademisi APIKES Bhumi Husada Jakarta merasa terpanggil dan bertanggung jawab terhadap pentingnya pendidikan dan pengembangan profesi Perekam Medis & Informasi Kesehatan untuk menyelenggarakan sebuah seminar nasional sebagai gagasan awal kerja sama dengan PORMIKI yang diharapkan mampu menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan profesi PMIK dan menjadi wadah aspirasi bagi mahasiswa RMIK dan PMIK untuk menjalin kerja sama di bidang pendidikan maupun bidang lainnya dengan PORMIKI.

Link Pendaftaran :

Link Pendaftaran : [KLIK DISINI]

Pemateri :

Tedy Hidayat, S.ST RMIK, MMRS, Ketua Umum DPP PORMIKI

  • Bagaimana Kompetensi PMIK agar bisa menghadapi peluang dan tantangan di Era Industri 4.0

Hj. Siswati, SKM, MKM : Pembina PORMIKI / Akademisi / Pudir RS Husada Bidang Akreditasi, Mutu RMIK

  • Kompetensi Profesionalisme yang Luhur, Etika dan Legal.
  • Kompetensi Mawas Diri dan Pengembangan Diri.

Meliana, SE.MM : Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan APIKES Bhumi Husada Jakarta

  • Urgensi & Esensi Ketrampilan Komunikasi Efektif sebagai Standar Kompetensi PMIK

Ima Rosdiana, A.md Perkes, SKM : Supervisor Rekam Medis RS Premier Bintaro / Akademisi

  • Kompetensi Manajemen Data dan Informasi Kesehatan.
  • Manajemen Pelayanan RMIK.

Jadwal Kegiatan :

Hari Rabu 17 maret 2021. 08.30 WB s/d 12.30 Via Zoom dan Live streaming youtube

Contact Person :

Rahmat 0819.0653.9411
Annisa 0813.1517.8711
Ida 0821.7864.1054

Semarak Hut Pormiki DPD DKI ke-32Apikes Bhumi Husada Jakarta, akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan judul “Kompetensi, Tantangan dan Peluang PMIK di ERA Industri 4.0”.

Pada tanggal 17 Maret 2021. (2 SKP)Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Hut Pormiki DPD DKI ke-32, dimana akan diadakan 3 seminar yaitu di tanggal 13 maret, 17 maret, dan 27 maret. (Total 6 SKP)

Peserta dapat memilih untuk mengikuti seminar yang diminati, atau juga bisa memilih special package untuk ke tiga seminar sekaligusAdapun biaya masing masing seminar adalah :Mahasiswa Rp.50.x00, PMIK DKI Rp.100.x00, UMUM/PMIK Luar DKI Rp. 120.x00 (x adalah angka kode seminar yang diminati, batas pembayaran h-2 sebelum seminar yang diminati)

Dan untuk harga special package adalah : Mahasiswa Rp.130.500, PMIK DKI Rp.250.500, UMUM/PMIK Luar DKI Rp. 300.500 (untuk special package, batas pembayaran h-2 sebelum seminar pertama)

Link pendaftaran seminar 17 Maret : bit.ly/Seminar17Maret2021
Link pendaftaran special package : bit.ly/SeminarPaketDPDDKI2021
Link pendaftaran seminar 13 Maret : bit.ly/Seminar13Maret2021
Link pendaftaran seminar 27 Maret : bit.ly/Seminar17Maret2021
Info lebih lanjut bisa di lihat di brosur terkait. Terima kasih

SEMINAR NASIONAL ONLINE APIKES BHJ & DPD PORMIKI
RANGKAIAN SEMINAR HUT PORMIKI DPD DKI KE 32

Comments are closed

Sorry, but you cannot leave a comment for this post.